15 Mar

Teknik Dasar: Mimicking

DSC_9057Yang dimaksud dengan mimicking di sini adalah teknik untuk menyelaraskan komunikasi nonverbal kita dengan lawan bicara. Bukan meniru-niru wajah, intonasi, gerak tangan dan lain-lain untuk mengejek lawan bicara. Tapi, dalam rangka menghargai dan menunjukkan kita memperhatikan bahkan mendalami dan meresapi pembicaraannya.

Dalam komunikasi berlaku hukum timbal balik. Kalau Anda ingin didengarkan orang, maka dengarkanlah baik-baik lawan bicara Anda. Kalau Anda ingin diperhatikan, maka perhatikanlah lawan bicara Anda.

Nah, mimicking berupaya untuk menunjukkan perhatian kita pada lawan bicara dengan menyelaraskan diri kita dengan lawan bicara. Kalau seorang ibu bicara dengan penuh keriangan atau kegembiraan, maka gembirakan hati Anda dan tunjukkan itu melalui mata, suara, mimik, gerak tangan, dan lainnya. Bila berhasil melakukan penyelarasan itu, maka Si Ibu juga akan menjadi semakin senang bercerita dan kemudian pada gilirannya, dia akan menjadi pendengar yang baik bagi Anda.

www.lapangankecil.org

admin

Bina Mitra Usaha Nusantara - Business Development Services Provider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.