17 Apr

Pengembangan Ekonomi Komunitas (PEK) di Kamal Muara, Jakarta

IMAG0218

Pengembangan Ekonomi Komunitas (PEK) merupakan proyek pemberdayaan UKM di wilayah Kel. Kamal Muara yang terdiri dari RW01 dan RW04. PEK diimplementasikan oleh Yayasan Sahabat Cipta (YSC) yang merupakan lembaga  yang salah satu visi-nya yakni turut serta memberdayakan sosial ekonomi kemasyarakatan khususnya di wilayah Kel. Kamal Muara.

Bagi para UKM dan warga masyarakat yang berada di wilayah Kel. Kamal Muara, keberadaan YSC dalam hal ini PEK sudah tidak asing lagi. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini sebagian warga di wilayah Kel. Kamal Muara sudah mengikuti program penguatan keahlian menjahit dan menanam mangrove.

Program yang dikembangan YSC tersebut adalah kegiatan yang fokus dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan perekonomian (produktifitas, pendapatan dan sustainability) melalui kewirausahaan. Sasaran dari kegiatan tersebut adalah membantu meningkatkan kesejahteraan para UKM dan warga masyarakat lainnya.

Selain dapat memperoleh keterampilan dalam bidang kewirausahaan, diharapkan melalui program kewirausahaan tersebut dapat membuka wawasan dan sedikit mengubah pola pikir penerima manfaat dalam hal menerima informasi, yang pada akhirnya para penerima manfaat tidak menutup diri dari informasi yang masuk dan dapat memilih informasi yang benar-benar bermanfaat bagi perkembangan kelangsungan usaha yang akan dikembangkan nantinya.

Setelah selesainya penguatan kewirausahaan akan ditindaklanjuti dengan program pendampingan yang akan dilakukan oleh lembaga pendamping dari mulai pembuatan produk UKM, penataan, pengemasan dan membantu proses pemasaran. Selain itu dari pelatihan kewirausahaan tersebut akan ditanamkan jiwa kemandirian.

admin

Bina Mitra Usaha Nusantara - Business Development Services Provider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.