PENDAMPINGAN PARTISIPATIF

lambangkerjasama

Pendekatan “partisipasi”, “partisipatif” atau “partisipatory” sudah cukup lama populer dan mengalami  perkembangan pesat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini, khususnya dalam isu pelatihan untuk menciptakan dan mengembangkan kapasitas dan pemberdayaan masyarakat.  Di lingkungan masyarakat dengan kondisi sosial, budaya dan ekonomi yang unik, pendekatan partispatif penting dilakukan untuk meningkatkan Pengetahuan, Keterampilan dan Perubahan Sikap.

Didalam pendekatan ini, para peserta diperlakukan sebagai narasumber utama, dengan mengali potensi Cipta, Rasa dan Karsa sehingga menghasilkan Karya (Produk) yang bersumber dari pengalaman pribadi mereka dalam proses pemberdayaan yang digunakan sebagai sumber informasi utama untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Proses partisipasi itu sendiri merupakan keterampilan yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap personal, namun kemampuan ini perlu diolah dan dikomunikasikan untuk menciptakan proses partisipatif  yaitu membangun kepercayaan diri, membangun proses dialog, memberikan pembelajaran dan keterampilan yang dapat diaplikasikan oleh peserta pelatihan dalam proses pendampingan.

Didalam pelatihan ini, peserta pelatihan akan belajar bersama mengenai kemampuan dasar fasilitasi dan pendekatan partisipatif yang dapat diterapkan dalam proses pendampingan masyarakat sehingga para pendamping akan menjadi lebih baik dan lebih percaya diri.

 

Tujuan

Peserta pelatihan akan memahami prinsip dasar dan teknik menggunakan metode partisipatif  yang praktis dalam proses pendampingan masyarakat.

Topik yang akan dibahas dalam workshop ini  meliputi :

  1. Pengantar fasilitasi dan pendampingan partisipatif.
  2. Dasar-dasar komunikasi
  3. Metode pendampingan partisipatif
  4. Teknik pendampingan partisipatif
  5. Praktek atau Demo Fasilitasi

.

Output

Dalam workshop ini, diharapkan peserta akan :

  1. memperoleh pengetahuan dan keterampilan mengenai metode pendampingan partisipatif dan cara menerapkannya  dalam pendampingan masyarakat.
  2. Memperoleh pengalaman menerapkan metode pendampingan partisipatif dalam pendampingan masyarakat.

 

Manfaat Bagi Peserta

Dalam  pelatihan ini, peserta  akan memperoleh manfaat sebagai berikut:

  • Mengerti dan menyadari potensi dalam proses dan ruang lingkup pendampingan partisipatif
  • Memperoleh referensi dan wawasan mengenai metode partisipatif dalam proses pendampingan.
  • Memperoleh pengalaman dalam simulasi pendampingan partisipatif
  • Peserta  Pelatihan akan mendapatkan dukungan  setelah pelatihan untuk membangun dan mengembangkan kemampuan mereka melakukan masyarakat yang partisipatif

Metode

Studi Kasus dan Diskusi Kelompok,  mengajak peserta untuk mengkritisi kasus dan temuan dalam pendampingan, bertujuan untuk mempertajam analisa pemberdayaan masyarakat.

Curah Pendapat (Brainstroming), Proses kreatif untuk menghasilkan ide-ide peserta yang berkaitan dengan pengalaman dan wawasan pendampingan.

Sumbang Saran, proses berbagi pengalaman antara peserta sebagai sumber pembelajaran dan motivasi mereka dalam pendampingan.

Bermain Peran & Game Simulasi pendampingan, simulasi fasilitasi dan pendampingan untuk berlatih mengenai pendampingan partisipatif.

Latihan, bentuk pembelajaran aktif yang akan mendorong dan mengasah kemampuan peserta untuk  mengembangkan diri terhadap pembelajaran yang telah mereka terima  untuk kemudian diterapkan dalam pendampingan  mereka

Ceramah,  sumber inspirasi dan wawasan dalam pendampingan mengenai pendekatan secara teoritis dan praktis (untuk dapat di implementasikan) dan contoh yang baik (Good practice) dalam melakukan pendampingan partisipatif.

6 thoughts on “PENDAMPINGAN PARTISIPATIF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>