Gender & Entrepreneurship Together Ahead

DSC_0839

GET Ahead (Gender Entrepreneurship Together) merupakan sebuah paket pelatihan Kewirausahaan yang berperspektif Gender. Paket pelatihan ini bertujuan membantu organisasi mitra ILO dalam mempromosikan pengembangan usaha di kalangan perempuan miskin, baik yang ingin memulai maupun yang sudah melakukan usaha berskala kecil.

Berbeda dengan pelatihan usaha konvensional, paket GET Ahead lebih menyoroti keterampilan kewirausahaan dasar dengan perspektif gender, baik untuk memulai atau meningkatkan usaha individu, keluarga atau kelompok. Paket ini dirancang untuk menanggapi kebutuhan, praktis maupun strategis, para perempuan berpenghasian rendah yang terjun ke dunia usaha untuk memperkuat keterampian usaha dasar dan manajemen sumber daya manusia.

Materi Pelatihan GET Ahead merefleksikan dan melengkapi kekayaan pengalaman yang telah ada di organisasi ILO, UNIFEM, GTZ, dan organisasi-organisasi lainnya. Paket ini dibuat berdasarkan perangkat umum, antara lain “Mulai dan Tingkatkan Usaha Anda”(Start and Improve Your Business-SIYB) yang dikembangkan ILO dan Program Pendanaan Sosial.

Paket Pelatihan GET Ahead mempromosikan pemberdayaan sosial dan ekonomi perempuan bersama laki-laki dalam kewirausahaan :

  • Pemberdayaan ekonomi, karena perempuan miskin yang turut mencari nafkah biasanya hanya memiliki sedikit peluang mendapatkan pendidikan dan pelatihan. Mereka biasanya memiliki beban kerja ganda atau bahkan tiga kali lipat, meliputi gabungan aktifitas ekonomi, merawat rumah tangga, dan mengurusi keluarga. Oleh karena itu, mereka membutuhkan keterampilan manajemen dan negosiasi demi mengubah aktifitas bertahan hidup mereka menjadi usaha yang lebih produktif dan menguntungkan.
  • Pemberdayaan sosial, karena perempuan di banyak Negara memiliki status yang lebih rendah dibandingkan laki-laki. Banyak perempuan yang tingga di rumah, kehilangan komunikasi dengan dunia luar, dan menghadapi hambatan mobilitas dan membangun jejaring. Perempuan membutuhkan kepercayaan diri dan keterampilan untuk membangun jejaring, agar dapat mempercayai penilaian mereka dan bergantung kepada kekuatan sendiri.

Metode pelatihan bersifat parsitipatif dan berorientasi pada aksi. Pendekatan ini menggunakan pengalaman kehidupan nyata peserta sebagai dasar untuk pelajaran mengenai manajemen usaha yang lebih baik.

4 thoughts on “Gender & Entrepreneurship Together Ahead

  1. Yudi Utomo

    Makasih, Kang Jangkung. Tapi yang lebih mantap lagi Kang Jangkung dkk yang terlibat langsung dalam proses pendampingan di Sinabung. Hehe..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>