26 Feb

British Council-Diageo Social Enterprise challenge: Call for Application

BritishCouncilBanyak organisasi yang menggabungkan misi sosial transformatif lembaga dan semangat memberdayakan masyarakat kecil dengan cara mengemukakan ide dan mengikutsertakan masyarakat banyak.

Kita percaya bahwa kehadiran organisasi-organisasi semacam itu dapat menghasilkan aset budaya, sosial, intelektual yang berdampak pada generasi-generasi yang kreatif, inovasi budaya, diskursus intelektual dan toleransi sosial yang terintegrasi.

Namun, tantangan yang seringkali dihadapi oleh organisasi sosial seperti ini adalah kurangnya dukungan dari stakeholder untuk merealisasikan tujuan dan inovasi mereka. Disisi lain, ketika dukungan tidak mereka dapatkan, secara kelembagaan mereka kesulitan untuk ‘menghidupi’ organisasi secara mandiri dan berkelanjutan.

British Council bersama Diageo berinisiatif mengadakan Social Enterprise Challenge untuk memfasilitasi 40 peserta dari organisasi-organisasi yang bergerak di bidang seni, kreatif dan pariwisata. Persyaratan untuk mengikuti tantangan ini adalah sebagai berikut:

Organisasi Seni, Kreatif dan Pariwisata

  1. Anda telah menjalankan organisasi Anda sekurang-kurangnya selama 1 tahun, baik dalam bentuk asosiasi, yayasan, koperasi maupun perusahaan.
  2. Kegiatan organisasi Anda bergerak dalam diskursus intelektual, workshop kreatif, residensi seni yang berkontribusi pada penciptaan aset intelektual, sosial dan budaya. Misalnya, menciptakan bakat-bakat baru, kolaborasi budaya, pemahaman budaya dan sejenisnya.
  3. Anda telah mengelola program dan kegiatan dengan pendanaan terbatas, crowd-funding, sponsorship, dana hibah atau sejenisnya dan saat ini sedang mencari alternatif pendanaan dengan cara yang lebih berkelanjutan untuk mendukung misi lembaga dan meningkatkan dampak dari kegiatan-kegiatan organisasi Anda.

Pelaku Bisnis Seni, Kreatif dan Pariwisata

  1. Anda telah menjalankan bisnis Anda secara legal sekurang-kurangnya selama 1 tahun.
  2. Transaksi bisnis Anda meliputi penjualan, fee, dan royalti dari hasil hak cipta, produksi, distribusi dan manajemen barang dan jasa kreatif bagi Pelanggan maupun klien.
  3. Anda sedang berinovasi dengan bisnis yang saat ini Anda jalankan untuk memberikan dampak sosial dan budaya bagi komunitas dan masyarakat luas.

Bagaimana caranya?
Daftarkan diri Anda secara online disini paling lambat 22 Maret 2015 jam 23:59 WIB.

Benefit apa yang akan diperoleh?
Bagi Anda yang lolos seleksi administrasi, Anda akan mengikuti workshop 4 hari untuk belajar dengan expert dari UK & Indonesia mengenai konsep Social Enterprise pada tanggal 27-30 April 2015.

Diakhir program, Anda akan diwajibkan untuk mengembangkan rencana bisnis Anda untuk mencapai misi organisasi Anda dan panelis akan memilih rencana terbaik dan berkesempatan untuk mendapatkan dana 150 Juta dan peluang pergi ke UK untuk belajar Social Enterprise disana.

Info selengkapnya: British Council

Yudi Utomo

A Training Designer and Social Enterprise Enthusiast @BMUNusantara

2 thoughts on “British Council-Diageo Social Enterprise challenge: Call for Application

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.