13 Dec

Ayo Berbisnis, Anak Muda!

screen-shot-2016-12-13-at-7-41-34-am
Hasil Survey APJII 2016: 51.8 Juta Pengguna Internet Indonesia

Perkembangan teknologi beberapa tahun terakhir begitu cepat terjadi. Dampaknya bisa kita rasakan dengan perubahan sederhana yang ada di sekitar kita. Ditandai dengan semakin maraknya pengguna smartphone yang siapa saja bisa memilikinya karena harganya semakin terjangkau sehingga pengguna internet di Indonesia melesat cukup tajam. Hasil survei yang dirilis oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia  (APJII) pada November 2016 mencatat bahwa pengguna internet kita sudah mencapai angka 132.7 juta atau 51.8% dari total populasi di Indonesia!

computer-smartphone-hands-01
Digital Economy: Instan, Cepat dan Transparan dalam Genggaman Smartphone

Dampaknya terhadap dunia bisnis sangat signifikan! Perusahaan-perusahaan  merubah model bisnis mereka. Mereka melakukan inovasi-inovasi agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang makin disruptif ini. Pendekatan bisnis berubah dari yang konvensional menjadi serba digital. Sebuah era baru, a digital economy, yang serba instan, cepat dan transparan. Yang bisa beradaptasi, dia akan bertahan, Dia yang keukeuh dengan model bisnis lamanya tanpa upaya menciptakan inovasi yang disruptif dan strategi bisnis yang kekinian, bisnisnya berjalan statis dan perlahan mulai ditinggalkan. Saat ini, baca koran tidak harus langganan dan bangun tidur sudah bisa baca berita, belanja sekarang sudah tidak lagi harus ke toko atau mall, window shopping bisa dilakukan online, ojek tidak lagi perlu nunggu di pinggir jalan atau nyari pangkalan ojek, taksi tidak perlu lagi menghubungi call center, mau donasi tinggal klik dan bayar, bayar tagihan maupun pembelian bisa dari HP, ke luar kota bisa nginep di apartemen atau rumah orang dan lain sebagainya yang semua dapat dilakukan dari smartphone! Begitu mudah, instan dan praktis dalam genggaman. Ya, dari HP cerdas kita!

man-searching-opportunities-business-growth-businessman-looking-spyglass-chart-vision-concept-74706746
Peluang bisnis terbuka lebar bagi mereka yang dapat membaca situasi. 

Peluang bisnis membentang luas sedemikian rupa. Ceruk pasar menganga begitu lebar, tanpa ada lagi dinding pemisah antar negara dan siapapun bisa berbisnis. Usaha-usaha baru bermunculan dan berlomba-lomba untuk meraup rupiah dari kondisi ini. Yang belum pernah berbisnis pun tergiur untuk memanfaatkan momentum ini. Di Inggris, Telegraph mencatat usaha baru lahir hampir setiap menit pada tahun 2014! Bagaimana dengan Indonesia? Jumlah pengusaha kita masih di sekitaran angka 1,56% dari total penduduk Indonesia. Persentase jumlah pengusahanya di bawah Vietnam yang mencapai 3.4%!

Indonesia masih membutuhkan sekitar 5.8 juta pengusaha muda baru untuk bisa memenangkan kompetisi di persaingan pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), which is untuk mencapai jumlah pengusaha sebanyak 4%! Ente wani opo ora jadi pengusaha, Anak Muda? Mulailah untuk mencari ide bisnis! Simak tipsnya disini: Mencari Ide Bisnis itu Mudah. Ayo..berbisnis, Anak Muda! 

Baca juga: 3 Tips Ampuh Merealisasikan Bisnis

Tulisan terkait: 10 Tips Membangun Fondasi Bisnis Langgeng

 

Yudi Utomo

A Passionate Entrepreneurial Specialist @BMUNusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>