About Us

 

Bina Mitra Usaha Nusantara (BMU Nusantara) merupakan usaha jasa yang mendedikasikan dirinya pada bidang konsultasi penumbuhan kewirausahaan di Indonesia. Diawali dengan keterlibatan pendampingan program kewirausahaan di komunitas-komunitas marginal, kami menyadari bahwa ada sumberdaya yang selama ini nyaris dilupakan dan berpotensi besar untuk dikembangkan. Tingginya cerukan potensi kewirausahaan di negeri inilah yang kemudian mengantarkan kami untuk melakukan pendampingan dan fasilitasi kewirausahaan dari Aceh hingga Papua, dari Kalimantan hingga Nusa Tenggara. Nama “Nusantara” sengaja kami sematkan sebagai penanda mimpi luhur kami untuk menghubungkan pulau-pulau(“nusa”) dan melipat jarak (“antara”) kepulauan Indonesia dalam jalinan geliat kewirausahaan yang tangguh. Terlebih, tidak lama lagi kita akan memasuki ASEAN Economic Community 2015. Kami ingin mengambil bagian dalam memperkuat infrastruktur masayakarat agar memiliki daya saing keekonomian di tengah gencarnya perubahan global saat ini dan juga hyper-competitiveness kawasan mulai 2015 nanti.
Dengan Visi menjadi “Mitra terbaik bagi upaya penumbuhan wirausaha yang berdaya saing di Indonesia,” BMU Nusantara menterjemahkannya ke dalam Misi “Inovasi model penumbuhan wirausaha yang bertumpu pada penguatan kapasitas dan daya saing masyarakat secara terpadu dan berkesinambungan melalui penghimpunan dan optimalisasi sumber daya dan potensi lokal.”
Dalam perjalanannya hingga sekarang, BMU Nusantara telah menjangkau berbagai komunitas rentan yang memiliki ragam latar belakang, seperti Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Buruh Migran (TKI), Pekerja Rumah Tangga (PRT), masyarakat pesisir, petani, masyarakat adat (indigenous people), dan perempuan miskin. Selain itu, BMU Nusantara juga turut memberikan pendampingan pemberdayaan ekonomi kepada kaum muda (youth), kaum difabel (people with disability), buruh rentan PHK, serta pengembangan model “kewirausahaan hijau” atau green entrepreneurship.

Adapun layanan yang kami berikan adalah sebagai berikut:

  • Pelatihan:
    • Kewirausahaan, meliputi: Start Your Green Business, Generate Your Business Idea, Start Your Business, Improve Your Business dan  Gender and Entrepreneurship Together (Get AHEAD), yang kesemuanya merupakan  ­well-tested training tools yang dikembangkan oleh International Labour Organization (ILO) secara global.
    • Financial Literacy, meliputi: Pendidikan Keuangan untuk Keluarga, dan Pendidikan Keuangan bagi Pekerja Migran.
    • Pengembangan Program Pemberdayaan Ekonomi: Paket intervensi program melalui Training on Rural Economic Empowerment (TREE).
    • Program Fasilitasi Pelatihan, ini meliputi teknik-teknik untuk mengelola dan memfasilitasi kelas-kelas pelatihan dengan mengacu pada prinsip pendidikan orang dewasa, partisipasi, komunikasi hingga pengkemasan pelatihan (training packaging)
    • Pendampingan Pasca Pelatihan, merupakan bagian integral dari pelatihan yang secara spesifik didesain untuk menindak-lanjuti kebutuhan klien setelah mengikuti pelatihan.
  • Desain Program, Penyusunan Modul dan Riset:
    • Livelihood Program, Integrate Community Development, Corporate Social Responsibility, Green Business, Safe Migration and Remittances Management.

Pengguna jasa (klien) BMU Nusantara secara garis besar kami kategorisasikan kedalam dua kelompok, yakni perseorangan dan organisasi. Selain melakukan pendampingan bagi pengembangan usaha individual, BMU Nusantara juga telah memberikan layanan konsultasi kepada beberapa lembaga/organisasi. Diantaranya adalah organisasi internasional seperti ILO, World Bank, UN ORCHID, UN Women, Swiss Contact dan TIFA Foundation.

Kami juga memberikan konsultasi teknis di bidang pengembangan ekonomi kepada instansi pemerintah seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (KEMENAKERTRANS), Bank Indonesia (BI) Bandung,  DISNAKERTRANS Jawa Barat, serta SMK Negeri 27 Jakarta. Kami juga telah mencatatkan beberapa lembaga swadaya seperti PUPUK, Yayasan Sahabat Cipta dan Yayasan Better Work Indonesia serta beberapa lembaga lokal lainnya di Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, NTB dan NTT.

Selain lembaga internasional, badan pemerintahan, dan lembaga non-pemerintah, lembaga swasta seperti Danone dan Allianz Indonesia juga telah tercatat sebagai klien dalam layanan konsultansi kami.

 

Contact Us:

BINA MITRA USAHA NUSANTARA

1.Komp. Nirwana Regency

Jl. Bukit Nirwana No.16C

Sariwangi – Bandung Barat

 

2. Komplek Selaras No. 29

Cihanjuang – Bandung Barat

Jawa Barat

 

 

Phone: +6222 87774426

Email: bmunusantara@gmail.com
admin@bmunusantara.com

Follow us @BMUNusantara (twitter)
Like us BMUNusantara (FB Fanpage)
Watch us on youtube.com/user/BMUNusantara

3 thoughts on “About Us

  1. Bolehkah saya diberikan informasi atau nomor kontak yang dapat dihubungi untuk dapat mengetahui lebih lanjut perihal Bina Mitra Usaha Nusantara ini? Saya berusaha untuk menelpon nomor yang ada di web, tapi tidak dapat dihubungi sama sekali. Saya dapat dihubungi di nomor +62 818 824868 atau via e-mail: deasysinaga2012@gmail.com
    Terima kasih.

    • admin

      Dear Bu Deasy,

      Terima kasih telah meninggalkan pesan di website kami.
      Kami ingin mengklarifikasi bahwa no telp kantor kami benar seperti yang tertera dalam website: 022-87774426
      Mohon maaf apabila ternyata Bu Deasy tidak dapat menghubungi no telp tersebut.

      Perihal pertanyaan Bu Deasy, apa yang bisa kami bantu?
      Apabila ada yang sesuatu yang ingin didiskusikan atau business inquiries, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

      Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>