01 Dec

3 Tips AMPUH Merealisasikan RENCANA BISNIS

alasan-memulai-bisnis-sendiriHalo Entrepreneurs!

Apa kabar ide bisnis, temen-temen? Langkah apa saja temen-temen lakukan kemarin? Ada kabar baik apa dari hari kemarin?

Memulai bisnis itu itu penuh dengan tantangan dan sangat dinamis sekali. Tapi itu bukan alasan untuk mundur teratur dan menjadikan kita ciut untuk terus melangkah. Nasi sudah menjadi bubur. Tegakkan kepala, lihat ke depan dan mantapkan langkah temen-temen kembali untuk melanjutkan estafet perjalanan bisnis. Bukankah di awal-awal temen-temen begitu bersemangat untuk berbisnis? Ini saatnya untuk menegakkan kembali tonggak sejarah bisnismu, Anak Muda!

Apa yang mesti dilakukan hari ini? Berikut 3 tips sederhana yang semoga dapat mengembalikan temen-temen pada jalur yang semestinya dan semangat lagi untuk menemukan ritme yang sempet pudar.

#1 Hindari Mengulang Kesalahan yang Sama

Temen-temen, hari kemarin adalah pelajaran yang sangat berharga buat kita. Kesalahan-kesalahan yang kita buat kemarin itu adalah batu-demi-batu yang semestinya membuat kita belajar dan bijak dalam menyikapinya; untuk tidak mengulanginya dan agar tidak jatuh di lubang yang sama. Oleh karenanya, ingat-ingat kembali dan tuliskan langkah apa saja yang sudah dilakukan dan tarik pembelajaran. Atur kembali strategi dan fokus pada rencana awal; rencana aksi yang telah disusun untuk merealisasikan ide bisnis temen-temen. Dunia tak peduli dengan kegalauan kita. Justru mereka menunggu: apakah kita bisa atau tidak untuk melaluinya dan naik kelas? Tunjukkan kalau temen-temen BISA!

#2 Fokus pada Rencana Harian

Agar bisnis bisa terealisasi, ini saatnya temen-temen untuk sedikit menurunkan pandangan dan menundukkan kepala. Lihat kembali rencana aksi yang telah disusun. Hentikan sejenak untuk memikirkan gambaran besar betapa hebatnya ide bisnis temen-temen nantinya di masa mendatang. Saatnya untuk fokus pada rencana hari-demi-hari yang mesti dilakukan agar bisnis bisa berjalan: menciptakan penjualan dan uang masuk dalam bisnis. Masih ingat kan kalau kita belum berbisnis kalau melakukan hal tersebut?

#3 Be SMARTER!

OK, mari kita fokus pada rencana harian yang bisa dilakukan untuk menggapai visi dan misi bisnis temen-temen. Mari kita buat lebih spesifik dan mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya?

S: Specific (spesifik). Buat rencana harian yang spesifik; tidak muluk-muluk dan bisa segera dilakukan. Kalau masih bingung untuk dikerjakan dan perlu diurai, itu artinya rencananya terlalu umum.

M: Measurable (bisa diukur). Rencana harian mesti bisa diukur; ada indikatornya apabila sudah selesai dilakukan. Contoh: rencananya adalah melakukan riset pasar sederhana, maka indikatornya adalah data dan informasi dari hasil riset pasarnya.

A: Actionable (bisa dilakukan). Temen-temen bisa melakukannya hari ini, bukan menunggu rencana lain selesai terlebih dahulu. Fokus pada aksi!

R: Result (berorientasi pada hasil). Fokus pada hasil atau temuan dari rencana aksi yang dilakukan. Jangan kebanyakan brainstorming!

T: Time-bound (ada batas waktunya). Ada tanggal spesifik atau kapan rencana tersebut mesti beres.

E: Evaluate (lakukan evaluasi). Penting untuk mengevaluasi apa yang sudah dilakukan. Apakah masih SMART? Coba review lagi.

R: Revise (lakukan perbaikan). Nah..ini yang akan membuat temen-temen seharusnya tidak jatuh pada lubang yang sama. Tarik pembelajaran dari langkah yang sudah dilakukan dan perbarui langkah dan strateginya. Ingat, belajar itu menghasilkan perubahan perilaku dan pengalaman. Kalau temen-temen masih jatuh di lubang yang sama, itu artinya temen-temen ngga pernah belajar!

Well, semoga tips singkat ini bisa membuat temen-temen bangkit untuk melanjutkan estafet perjalanan bisnis. Semangat, Anak Muda!

Baca juga: 10 Tips Membangun Fondasi Bisnis Langgeng

Yudi Utomo

A Passionate Entrepreneurial Specialist @BMUNusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>